Posted by: sibob | January 10, 2009

`eneg`..

Banyak hal yang akhir akhir ini membuat saya `eneg` terutama yg berkaitan dengan tayangan tivi… kalo bangsanya sinetron murahan produk para produsen yang menjual tema tak bermutu itu sudah lama bikin `eneg` banyak orang….cuma ntahlah banyak mbak2 ,ibu2 yg 100% menyukainya…seperti mbak yayuk tempat makan saya saben malem selama 8 tahun ini di warung pakde di pinggiran blokm….Mbak Yayuk baru saja beli henpone tipi buatan cina yg lagi marak itu untuk diletakkan di rak makanan warungnya sehingga biarpun dia sedang melayani pembeli dia tetap `stay tune` manteng sinetron cinta fitri kesayangannya….”emang apa bagusnya sih mbak sinetron ntu ? ” suatu kali saya iseng bertanya …..” aah elu aje yg kaga ngarti bob.. ni bagus tau,ceritanye sediih coba dah tonton sekali pasti lu ketagihan daah…, gua aje kalo ketinggalan sekali aje rasenye ade yg kurang “….eee busyet segitunya yaa…

Tapi bukan itu yg akhir2 ini bikin saya `eneg`….. tapi sebuah siaran property dari sebuah pengembang yg terdepan dan terpercayaA**** S***** Group… Pengembang terdepan ini sedikitnya berpromosi di 3 stasiun tv swasta dan kadang kita jumpai dalam jam tayang sama ,jadi begitu kita pindah channel…..eh yg nongol die lagi die lagi..! Acara yg dipandu mbak FR dan ibu ES Corporate Marketingnya pengembang tadi dengan promo2 marketingnya menurut saya kok bisa melukai perasaan orang kebanyakan yg hidup biasa2 saja di negeri ini ya ..….

coba simak beberapa kalimatnya… “ jadi ya mbak F*** hunian k*****g***** square memiliki segala fasilitas yang komplit ,ada club housenya, dekat dengan area komersial dan bebas banjir…hanya dengan harga yang sangat terjangkau 600 juta anda bisa memiliki hunian yg super komplit ini..” atau dalam promo yang lain “ ..jadi dengan uang muka sebesar 20% dan cicilan yang hanya 8 jutaan per bulan kita sudah bisa memeliki hunian yg mewah ini .. cckckckckc…dia bilang 600 jt itu H A N Y A …..dan sangat terjangkau pula , 8jtan perbulan itu kok dia anggap gampang…kok tega teganya ya??…….dan siaran ini terus menerus mampir di tengah2 rumah kita……terus menerus membuat miris kami2 yang hidup biasa2 saja ini……ooohhhh

Maap mbak FS dan Ibu ES ….saya gak benci sama anda , saya juga ga eneg sama anda,anda sudah benar melakukan pekerjaan anda, sayanya aja yg salah nonton……tayangan ini mustinya bukan kelasnya saya ,tapi mbokya sekali2 anda sekalian mikirin kita2 ini , dengan ditayangkan sekaligus di sedikitnya 3 stasiun tipi pada jam2 yg prime apa anda ga mikirin berapa juta orang sih yg mustinya bukan kelas anda yg akan menonton acara ini …….hanya 600 juta ..ahhhh..mbak F***… rasanya sakit sekali hati kami mendengarnya……bensin turun 500 perak aja buat orang kebanyakan sudah sangat berarti …denger kalimat 600 juta yg “hanya” itu kok perut ini `eneg` banget sumpah mbak……

Welcome to a new kind of tension…

All across the idiot nation….

Where everything isn’t meant to be okay.

Television dreams of tomorrow…

We’re not the ones who’re meant to follow…

For that’s enough to argue…..( green day –american idiot )

Ada sebuah proyek di kantor, ternyata belakangan klien saya juga berkolaborasi dengan pengembang terdepan dan terpercaya ini…..area yg kami disain bukan hunian bukan juga komersial…. ini kawasan pelatihan sumber daya manusia ,kami bekerja profesional ,area yg kami disain tetap mengedepankan kawasan yg sustainable environment dan green architecture , itu saja ….saban meeting di kantor pengembang terdepan ini disebuah mall mewah di selatan jakarta itu dalam hati saya kok merasa eneg sama diri saya sendiri ya, saya ndak suka caranya berpromo, tapi secara ga langsung mereka adalah client saya juga …….aarrrrgghhhhh

Ke eneg an saya masih berlanjut …… baru saja saya menandatangani kontrak dengan sebuah developer kecil…developer lokal…saya diminta mendisain komplit mulai dari masterplan hingga rumah, komersial area ,club house dll. Saya senang sekali selain karena saya belum pernah mendisain selengkap ini (biasanya dari developer besar,kantor kami hanya kedapatan mendisain beberapa bagian saja entah itu komersial saja,rumah saja dst) juga karena ini developer kecil ,senang saja bisa “membantu” …itu makanya ketika fee saya ditawar dalam hitungan yg saya tidak mengambil untung yg banyak saya iyakan saja…

Ternyata saya salah duga….

Kantor mereka menempati gedung baru berlantai 3,tidak terlalu mewah, ada 3 company lain yg menyewa di gedung itu , dari nama2 nya ke 3 company itu bergerak dalam bisnis penambangan & perminyakan…sekali lagi…..belakangan terungkap bahwa ternyata gedung baru itu milik mereka sendiri dan company2 minyak itu adalah holdingnya mereka….developer ini hanya bisnis sampingan……..amboiiiiiii

Itu sebabnya ketika dalam tahap pertama pada lahan kecil seluas 2,3 ha ,saya atur sedemikian rupa sehingga kami bisa mendapatkan ± 60 rumah dengan beragam tipe dari yg kecil hingga sedang….ternyata mereka ga setuju, mereka maunya `high class`….” kami mau tipe paling kecil tanahnya paling tidak 400 m2 dan harga jualnya paling murah 2M ini perumahan premium…”….wuiiiiiii kontan langsung `eneg` lagi nih perut ane…..dengan lahan segitu paling cuma dapet 15 biji rumah , di jaman kaya gini orang yg punya duit lebih diberi kesempatan untuk menguasai lahan sebesar besarnya sementara masih banyak orang hidup berhimpit2 an dalam keterbatasan,orang dipaksa untuk tinggal dalam rusun guna mengurangi kelangkaan tanah…. developer dimana2 sama saja….nyari untung segede gedenya…….

Eneg saya ngliatnya…..eneg saya sama diri sendiri krn dapet duit juga dari mereka……eneg karena ke naif an saya……ahh….

sudah sebulan ini sejak pertemuan terakhir proyek ini saya biarkan saja, mereka jg tidak menagih…. mgkn mrk membaca kekecewaan saya pada pertemuan pertama…..tapi saya profesional, kontrak sdh terlanjur ditandatangani, akan saya selesaikan …saya janji……walau prosesnya pasti akan terasa beraaattt skali buat saya…..

Untuk menyelesaikannya saya coba berpikir `outside the box` …ga ada gunanya saya terus menerus `eneg` , setelah sekian lama dicekoki dengan 3D komputer saya mencoba menghidupkan lagi metoda menggambar sketsa 3D di sketch paper yg cukup tebal dengan pinsil, memberinya tinta, mewarnainya dengan pensil watercolour dan menguaskannya kembali dengan kuas dan air lalu saya scan…trus diedit2 di photoshop…pokoknya proyek ini saya jadikan ajang untuk menghidupkan kembali old style drawing ini , …..walau berjalan lambat tapi lambat laun saya sudah mencapai kemajuan saya menikmati proses ini …walau belum final…tapi yg pasti akan saya selesaikan…..ntah sampai kapan tunggu saja……semoga ke `eneg`an saya berakhir……..

Ohya masih ada satu hal lg soal tayangan tipi…tp yg ini ga bikin eneg..ini bikin sedih dan hati ini merintih….ini soal jalur gaza…..mari berikan dukungan material kepada lembaga2 yg akan mengirim bantuan pangan dan medis ke palestina…..mari doakan mereka selalu sehabis kita sholat……Semoga 4JJI memberi mereka kekuatan….Allahu Akbar….



Responses

  1. oey Booob… alu lagi ndak ‘eneg’, baca tulisan ini jadi ‘eneg’ Bob. nulis yang bikin kita fresh-lah… minum es jeruk biar freshhh… trus nonton tipi sama wanitanya yang freshhh juga ha ha ha, yakin deh ndak akan ‘eneg’ lagi Booob… nikmati hidup, nikmati tontonan. berita sedih dan tidak berkualitas itu biasa, tapi aku kalo nonton liat pembacanya ato sekretarisnya klien, kalau cewe cakep pasti freshhh… ha ha ha…

  2. Bob, elu nonton iklannya A**** S***** Group… maksudnya apeee ???? Gue tau dah niat dieee ….

  3. eiiiittt…nte lupa ya, mangkanya, pencet tombol tipi biar pindah ke F-tipi…aku bilang padamu kawan, tuh canel isinya amboiii…nikmat. bakalan ndak eneg!

  4. kl aq eneg ya pas hamil Rafi..mual2 thok..eh ga nyambung ya he he he

  5. lho…waktu hamilnya Rafi pake eneg sgala to? woooo brarti sing berbuat musti tanggung jawab niii…ndi si sugel alias suhu? hayo ngaku..!! hwakakakak

  6. Mr Bob, kenapa eneg-eneg ….. (T2 song)
    Pandangan yang selama ini jadi ganjalan proyeksi kehidupan & buat aku hal ini sangat sulit menemukan korelasinya, termasuk bbrp blog sahabat yang aku kunjungi
    apakah: arsitektur? desain? komersial? selera? subyektifitas? hiburan? ketentraman? religius? kebutuhan hidup? bisnis? dll, dll, dll
    semuanya jadi satu rumit
    kadang comment ku (aku rasakan) terasa sinis & mungkin jadi org gila. tapi akan ada saat seseorang (dlm hal ini sbg arsitek) dalam suatu hari mengatakan :
    1. HARI INI AKU MAKAN APA? dan yang lainnya mengatakan :
    2. HARI INI AKU MAKAN SIAPA?
    dan ini jadi realita dan ukuran kehidupan yang tidak terukur. dan apakah ini arsitektur?

  7. waduh cak pertanyaane abot iki..kok medéni to cak kalo hari2 dilalui dgn pertanyaan ‘makan siapa?’🙂 Alhamdulillah sy ndak prnh melakukan itu,selasa kmrn aku dr sby PP,ktm grup ciputra u/propose sbh pryk smp disana ada konsultan lain yg ternyata adik kelas kita sndiri,sesampainya d jkt anak ini sy tlp,utk tak klarifikasi bagian mana yg sdh ditawarkan & dijanjikan kpdnya, nah diporsi itulah sy tidak mau ambil bagian,biar dia sj yg mengerjakan…..kasus spt ini sering sy alami dan selalu sy konfirmasi kpd sesama rekan konsultan jika kami terlibat dalam satu project yang sama,ntah itu sudah sign kontrak atau baru dalam batas proposal…..Rezeki kan ndak kmana to cak🙂
    Kalau makan apa ya rasanya semua profesi jg merasakan hal yg sama….eh sik to ..kok tiba2 aku pengen mangan bebek pasar krukah jeh..haha, ndi henry,ipong & wahyu..mangan bareng yoh ? kekekekk…
    Soal blog,masing2 org memanfaatkannya utk berbagai kepentingan ,kalo blog ini sy sesuai dg judul di kiri atas, ‘ini blognya sibob mari ngobrol dan berbagi cerita’…ya mmg utk itu,sederhana saja cak…

  8. eh..kog ajak-ajak aq…
    aq lagi “eneg” ama bebek, soalnya menune kan yo ngono tok…g koyo ayam
    mosok ono bebek kampus, bebek plaza, bebek pangsud dll…
    tapi aq paling “eneg’ karo echo bob….
    arek iku saiki sakti bener ISO NGILANG!!! ha.ha…

  9. siap2 wis dipeseno kain kafan, tapi mau kurang 9 mm

  10. hop..hop..kok do tukaran ng blogku ki piyeee ki..kekekek
    wis ngene ae, kan sdh tak kasih jalan keluar ayo kabeh podo2 bisnis balung…persis karo omongane kartolo iku lho cak..ngkngkngkkk

  11. bob, lapuran ae
    sementara kondisi aman terkendali
    ayo mulei podo bisnis ….
    ngumpulno balung sing arsitektural

  12. eh iku balung opo bae???
    sorry bob, kandanono echo, aq g melu ae bisnise…
    ngko’ di utang maneh balungku, dadi ora iso ngadek aku….
    ssttt, wingi cicilane mobil areke kurang 4 bln tibane, dudu 2 bln…
    sing 2 bln iku cicilanku….he he

  13. huahaha….yo nek ngono yo opo nek cicilane kabeh dibayar gae balung ae gelem ra dealer e ? ;-))

  14. opo ae yo…..rame ae…..nggriseni wong turu.

  15. sing turu ben gak ngantux di wehi balung ae


Leave a Reply

Categories

