Posted by: sibob | January 4, 2009

Ibuku dan si ongki…

Ini kisah 2 orang dekat gue yang secara kebetulan punya hari lahir yang sama

1 Januari…. hari yang disenangi orang diseluruh dunia karena menjadi hari pertama sebuah tahun yang baru dalam hitungan masehi…..dan hari libur tentunya…..

Ibuku selalu bangga dengan tanggal kelahirannya ini….suatu kali… dulu sekali…. dia pernah berujar……. ” Eh tau ga ulangtahun Mamah tuh selalu jatuh pas tanggal merah “ …yaaa iyaaaalaaaahhh Maah……. secara toun baru gitu looooh..

Ongki adalah sahabat gue , satu angkatan di ITS nama aslinya Putu Mahendra, sekarang tinggal di Bali bersama istri dan 2 anaknya yg lucu , sekarang bung ongki ini sudah menjadi superstar architect ,MD dr sebuah biro design yg termasuk dalam 100 biro designer top dunia , silahkan liat situsnya di www.putumahendra.com dan www.bensley.com . Sedang Ibu saya seorang wanita sederhana , lahir di Solo 68 tahun silam ,pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Guru Taman Kanak-Kanak, itu sebabnya sampai saat ini beliau selalu senang sekali dengan anak anak, apalagi dengan cucu cucunya waaahh…sayangnya minta ampun…

Ini iseng saja gue nulis karena tanggal 1 Januari baru saja lewat, dan akhir2 ini ada kejadian2 lucu yg gue amati dari 2 orang bertanggal lahir sama ini…unik & aneh.. kadang2 mereka berperilaku sama kadang2 justru bertolak belakang…kok bisa ya? Kan mereka sama sama capricorn ?

Pendiam, Rajin dan Ambisius, Materialis, Gengsi Tinggi, Suka Memerintah, Suka memperalat Orang Lain….

Begitu kata ramalan tentang Capricorn di situs2 internet, kalo dari deskripsi singkat ini saya sedikit setuju, Ongki memang Pendiam , tapi tidak dengan Ibu saya….walaaah kalo ibuku sih “on air” mulu ibarat siaran Radio RRI yang sekali diudara tetap diudara….rame deh…mungkin karena beliau lah satu2nya wanita di rumah (saya 3 bersaudara laki2 semua) maka baginya suaranya musti didengar,diperhatikan dan ditaati sampai hari ini … peace mom..:)

Gue tidak begitu suka dengan kalimat diatas Suka memperalat Orang Lain….kok kesannya negatif ya, dalam amatan saya lebih tepatnya mereka suka mempengaruhi dan mengorganisasi orang dalam konotasi yg positif.

Ongki misalnya ….dia lah yang mengajak saya dan “mengompori” teman2 kami satu angkatan untuk menuangkan tulisan buat kampus sebagai sumbangsih dan rasa terima kasih kami kepada almamater. Dia lontarkan ide, dia publikasikan, dia rencanakan sampul buku,ongkos cetak dll ….. Rekan2 seangkatan kami dari yang tadinya tak bersemangat dan menganggap ini ide aneh, berbalik menjadi antusias…..dan buku itupun akhirnya terbit juga di tahun 2002 kemarin dalam acara yg begitu hangat di kampus kami tercinta ………

Ndak beda jauh dengan Ibuku, kalo ada hajatan besar saudara,maka dia lah seksi super sibuk ,padahal mungkin bukan beliau yg in charge n bukan beliau yg mestinya sibuk..…tapi apa mau dikata mengatur dan mengorganisasi orang sudah menjadi hobbynya …jauh hari sebelum hari H dia sudah merencanakan…… si anu atur itu, si anu dengan si anu ngurusin itu,via telfon dia sudah memplaning para saudara soal keberangkatan,soal tata acara , dll … bahkan untuk baju saya saja sudah dia tanyakan…” Nanti di acaranya kawinan si anu kamu mo pake batik yang mana ?” …” Haa plis deh Mah…acaranya kan masih 2 minggu lagiiiiii…” aah si mommy…:-)

Tanggal 30 Desember kemarin si Ongki mendadak ke Jakarta ..” Bob bisa temenin ane ke toko sepeda terbesar di asia tenggara, adenye di BSD ?” …oo beres boos…singkat kata ternyata dia punya rencana yg sama dengan gue …“Bike to Work” malahan dia sudah praktekan, sementara gue belum Cuma “omdo –omong doang…sepeda udeh dibeli sebelum puasa kemarin, tapi baru dipake sabtu-minggu doang belum bike to work…masih itung-itungan inilah itu lah, jaraknya jauhlah 13 km bo` rumah ke kantor,polusilah,belum beli lampu blakanglah…aaahhhh omdo BOB! … yaaa…maklumlah kalu di Bali pasti naek sepeda terasa lebih nikmat….island of paradise man… (lihat Beny & Mice kompas hr minggu ini 04-01-09 , di bali nongkrong di café ga pake baju cm celana pendek aje nikmat…eee mereka niru2 ga pake baju nongkrong di café mall…karuan diusir satpam…hwakakakakak..)

Uuups..kepanjangan nih critanya……lantas apa lucunya dg kisah ibuku..?

Gini lho……beberapa hari sebelum sibos (sebutan ongki akhir2 ini) ke jakarta dia sms gua…….. “ Bob kalu rambut ane dicat putih keren ga? “ ..aye bales..” kalo cat putihnya jarang jarang sehingga menyerupai uban ,itu keren bos”….” Wah sip lah” begitu dia menjawab seakan puas mendapat persetujuan dari ane….Naah dihari yang sama ……pagi2 ibuku udah sibuk nyisir2 rambutnya yg ikal dan sedikit beruban itu……sambil terus menyisir dia berujar sendiri “ ah ntar siang mo ngecet rambut ah biar jadi item” tanpa peduli ada yg denger ato ndak ..apalagi menyetujuinya ato tidak..(lagian siapa yg berani ga setuju? Bisa2 tuh siaran RRI bakal lebih panjang dari biasanye…huahaha ) kalo saya sendiri sih lebih suka melihat rambut beliau secara alami…tapi ya sudahlah kalo ibu senang saya juga senang…

Pagi jam 8.30 tgl 30 sibos dah nongol di kantorku…dengan rambut yg sudah dicat tentunya….tapi kok rada aneh pikir gue….” Bos kok catnya ga putih sih, itu mah pirang boos” ….dengan logat balinya bos njawab ..”Ituuu daaah…taddinya putteh lho…nddak tau kok bisa jadi pirang gini “…..” waaah ndak apalah bos…masih keren kok kaya Brad Pitt !” …huahahaha…kami tertawa…..Brad Pitt memang aktor pujaannya dan nampak senyum kebanggaan muncul dari wajahnya ….mungkin kali ini dia merasa benar2 sudah mirip Brad Pitt hwakakkakakak…. Soorrryy bos ..kidding…

Hari itu sesampai dirumah di hari terakhir ngantor 2008 itu kulihat ibuku nampak lebih muda lagi dengan rambut yg hitam pekat…walau usianya yg 68 thn itu tidak bisa membohongi rautan kerut yg menghiasi wajahnya…tapi yg jelas ibuku nampak lebih segar dan lebih cantik ,….masih cantik secantik ketika dulu mataku mulai bisa mengenalnya sebagai ibu… …dalam hati gue tersenyum sendiri…2 orang dg tanggal lahir yg sama…dengan bintang yang sama…yg satu pingin dicat supaya tampak “tua” ..yang satu pingin tampak “muda”…lucu aja…yg satu pendiam yg satu seneng ngobrol……….

Dalam kembar identik sekalipun, yg dibuahi dari satu telur yang sama, tetap saja ada perbedaan… tidak ada yang sama persis … begitu kata Kak Seto mengomentari kembarannya dalam sebuah liputan TV . Kuping,kaki,tangan kita sekalipun tidak sama persis 100% antara kiri dan kanan….. Subhanallah semua sudah ada kadar hitungannya yg didisain oleh Yang Maha Agung..

“ Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran…”

QS Al-Qamar : 49.

Dunia ini lebih indah,lebih berwarna dan lebih bermakna dengan adanya perbedaan….yang satu melengkapi yang lain….yang satu membahagiakan yang lain….

Happy Birthday Mom….

Happy Birthday ki……….


Responses

  1. yay! sibos beli sepeda baru (lagi)…yg oranye boleh donk buwat saya…hiihiiiii😀

  2. bob….nte banyak dikelilingi orang capricorn tuh….

  3. busyet….!
    mungkin saya akan buat club baru; THE CLUB 1st. isinya buat mereka yang lahir di jan. 1!

  4. wah bob ternyata bli juga suka sepedaan to……..bob ongki beli sepeda apa ?
    ane juga bike to work lo ….tapi ane ikut bikeberry club… klubnya sepeda lipat…seli
    kalo jakarta kan foldingbike klubnya…..

    bli bisa gowes ntar bareng….halo bli ongki

  5. sip bob …..blog e….

  6. Iyo yo yu…bener juga banyak org capricorn disekeliling ane …ente juga kan , gelek, rivani…met ulang tahun semuaaa….hayo ndi traktirane iki ?? hehe

    ongki kemaren ndak beli sepeda kok, kita sama2 cari accessories aja , ya kaya bel, rantai ,sarung lengan dll….trus ke merchandisenya Bike to work sekedar beli peneng & kaos..biar ntar pas dipasang di sepeda n orang2 terpacu buat ikutan naek becak…eh sepeda hehe…
    ngomong2 tapi ya ndak ada salahnya tuh bos yg warna oranyenya buat nisvari biar ketularan B2W juga🙂

    suwun ru…kan banyak belajar n dituntun karo sampean🙂

  7. oeeyyy booobbb…

  8. hahaha bisa aja lo bob!
    gw suka endingnya…
    terus berceloteh bob!

  9. Apalai gue bob…dari rumah 50 KM lebih…kebayang kan…ampe kantor gue garing

  10. hehe…apa kabar Mbak Yuli..?
    waaah…ya kalo situ ikut bike to work dari sentul sampai sudirman yaaa legreeek yuuul…hihihi
    gini aja yul, sepedaan sampai gerbang tol, trus abis itu nyegat PPD ..piye?😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: